COVER / HALAMAN JUDUL | | 1. Logo : SMP Negeri 1 Tebing dan Pemerintah Kabupaten Karimun | |
| | 2. Judul: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP Negeri 1 Tebing | |
| | 3. Tahun Pelajaran : 2020/2021 | |
| | 4. NPSN : 11001134 | |
| | 5. Alamat Sekolah : Jl. Sungai Lakam Baru - Kapling Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Propinsi Kepulauan Riau - Telp. 0777-7362212 http://www.smpn1tebing.sch.id info@smpn1tebing.sch.id | |
LEMBAR PENGESAHAN | | Rumusan kalimat pengesahan | |
| | Tanda tangan kepala sekolah dan stempel /cap sekolah | |
| | Tanda tangan ketua komite sekolah dan stempel/cap Komite Sekolah | |
| | Tempat untuk tanda tangan kepala/pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun | |
KATA PENGANTAR | | Uraian Kata Pengantar | |
DAFTAR | | Kesesuaian halaman (Cek kesesuaian nornor halaman yang terdapat pada Daftar Isi dengan nomor halaman yang terdapat pada dokumen kurikulum) | |
BAB I PENDAHULUAN | | | |
01.01 | LATAR BELAKANG | | |
01.01.01 | Rasional pengembangan kurikulum | Menjabarkan Rasional Pengembangan Kurikulum seperti yang tercantum dalam Permendikbud nomor 36 tahun 2018 dan dilengkapi dengan penjelasan pengembangan kurikulum 2013 abad ke 21 memuat 4C, PPK, Literasi dan HOTS | |
| a. Tantangan internal | | |
| b. Tantangan eksternal | | |
| c. Penyempurnaan pola pikir | | |
| d. Penguatan Tata Kelola Kurikulum | | |
| e. Penguatan Materi | | |
01.01.02 | Karakteristik Kurikulum 2013 | | |
01.01.03 | Tujuan Kurikulum 2013 | | |
| Kondisi Ideal dan Kondisi Nyata | Menjelaskan kondisi ideal pencapaian 8 SNP (sesuai dengan instrument akreditasi atau rapor mutu spmi) dan kondisi nyata di sekolah Saat ini (hasil rapor mutu dilampirkan) | |
01.01.05 | Potensi dan Karakteristik Sekolah | Menjelaskan dan menjabarkan potensi serta karakteristik sekolah (termasuk keunggulan lokal) | |
01.02 | LANDASAN HUKUM | 1. undangundang Nomor 20 Tahun 2003 tentan Sistem Pendidikan |  |
| | 2. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pernerintahan sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah |  |
| | 3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah kali terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pernerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan |  |
| | 4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pernerintah Nomor 17 Tahun 2008 tentan Guru; |  |
| | 5. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter |  |
| | 6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah |  |
| | 7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Pendidk dan Tenaga Kependidikan (tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru . |  |
| | 8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan |  |
| | 9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana |  |
| | 10. Pera turan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 61 Tahun 2014 ?entang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah |  |
| | 11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah |  |
| | 12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menen ah |  |
| | 13. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2014 tentang Perninatan pada Pendidikan Menengah |  |
| | 14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2014 tentan Muatan Lokal Kurikulum 2013 |  |
| | 15. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah |  |
| | 16. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 158 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah |  |
| | 17. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum rahun 2006 dan Kurikulum 2013 |  |
| | 18. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentan Penumbuhan Budi Pekerti |  |
| | 19. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2014 Tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Dalam lmplementasi Kurikulum 2013 |  |
| | 20. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah |  |
| | 21. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru |  |
| | 22. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah |  |
| | 23. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah |  |
| | 24. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah |  |
| | 25. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan |  |
| | 26. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2017 tentan Hari Sekolah |  |
| | 27. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudavaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan |  |
| | 28. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Ke la Sekolah. |  |
| | 29. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah |  |
| | 30. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal |  |
| | 31. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera |  |
| | 32. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah |  |
| | 33. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 37 Tahun 2018 Tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada pendidikan menengah kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah |  |
| | 34.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman KanakKanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan |  |
| | 35. Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia NO. 01/KB/2020. NO. 516 Tahun 2020, HK.03.01/Menkes/363/2020. NO. 440. 482 tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pernbelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19 . |  |
| | 36. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 Covid 2019 ; |  |
| | 37. Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenuaran Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virüs Di?ease 2019 (Covid 2019); |  |
| | 38. Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia NO. 022/H/KR/2015 Tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum 2013; |  |
| | 39. Peraturan Gubernur Kepulauan Riau ........ | |
| | 40. Peraturan Bupati Karimun ........ | |
| | 41. Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Karimun ........ | |
| | 42. Peraturan lain yang berhubungan de an nyusunan dan isi dokumen 1 | |
01.03 | TUJUAN PENYUSUNAN KURIKULUM | Menjabarkan pencapaian tujuan penyusunan KTSP ?ecara terukur dan spesifik menghasilkan dokumen KTSP baik Dokumen l, Dokumen II dan Dokumen III. | |
01.04 | PENGEMBANGAN KURIKULUM | | |
01.04.01 | Acuan Konseptual Kurikulum | Menjabarkan acuan konseptual yang meliputi 13 Poin sepetti yang tercantum dalam permendikbud 61 tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Penididikan, (dan masing-masing Poin dijelaskan). | |
01.04.02 | Prinsip Penyusunan Kurikulum | Menjabarkan prinsip-prinsip pengembangan KTSP seperti yang tercantum dalam Lampiran Permindikbud 61 tahun 2014 meliputi 3 prinsip (masingma Poin di faskan) | |
01.04.03 | Prosedur Operasional Kurikulum | Menjabarkan prosedur operasional pengembangan KTSP meliputi | |
| | 1. Analisis | |
| | 2. Penyusunan | |
| | 3. Penetapan | |
| | 4. Pengesahan | |
BAB Il VISI, MISI DAN TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN | | | |
| VISI SATUAN PENDIDIKAN | 1. Rumusan Visi ditulis dengan kalimat yang ringkas, mudah dipahami, dan bermakna luas. | |
| | 2. Mengacu pada tujuan pendidikan menengah yaitu untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti ndidikan lebih Ian ut. | |
| | 3. Mengacu tuntutan SKL dan Kl Yang mencakup tiga domain Sikap, Pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan Permendikbud No. 20 Tahun 2016 dan permendikbud 21 tahun 2016 | |
| | 4. Berorientasi pada potensi, minat. perkembangan. kebutuhan dan kepentingan peserta didik Berorientasi pada kepentingan daerah, nasional dan global. | |
| | 6. Berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta memperhatikan lingkungan sosial dalam rangka menumbuhkan peduli li un n. | |
| | 7. Memberi inspirasi dan tantangan dalam meningkatkan prestasi secara berkelanjutan untuk mencapai keunggulan | |
| | 8. Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil ndidikan | |
| | 9. Memuat Indikator Visi | |
02.02 | MISI SATUAN PENDIDIKAN | 1. Memberikan arah dalam mewujudkan visi sekolah sesuai dengan tujuan ndidikan nasional | |
| | 2. Merupakan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu | |
| | 3. Menjadi dasar program pokok sekolah | |
| | 4. Menekankan pada kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan yang dihara n Oleh sekolah | |
| | 5. Memuat pernyataan umum dan khusus yang berkaitan dengan program sekolah | |
| | 6. Memberikan keluwesan dan ruang gerak pengembangan kegiatan satuan satuan unit sekolah an terlibat | |
| | 7. Rum usan misi selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan "tindakan" (kata kerja), bukan kalimat Yang menunjukkan "keadaan" sebagaimana dalam rumjusan visi | |
02.03 | TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN | I. Tujuan Pendidikan Nasional (Uraian tujuan pendidikan nasional yang ditetapkan Oleh pemerintah) | |
| | 2. Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas (Uraian tujuan pendidikan SMA a diteta an Oleh Pemerintah) | |
| | 3. Tujuan Pendidikan sekolah yang bersangkutan yang merupakan penjabaran dari pencapaian misi dalam bentuk pernyataan Yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup seluruh indikator misi | |
| | 4. Menekankan pada kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan Yang dihara n Oleh sekolah | |
| | 5. Mernuat pernyataan umum dan khusus Yang berkaitan dengan program sekolah | |
| | 6. Memberikan keluwesan dan ruang gerak pengembangan kegiatan satuansatuan unit sekolah an terlibat | |
BAB STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM | | | |
03.01 | KERANGKA DASAR KURIKULUM | | |
03.01.01 | Landasan Filosofis | | |
03.01.02 | Landasan Sosiologis | | |
03.01.03 | Landasan | | |
| Psikopedagogis | | |
03.01.04 | Landasan Teoritis | | |
03.01.05 | Landasan Yuridis | | |
03.02 | STRUKTUR KURIKULUM | | |
03.02.01 | Kompetensi Inti | Kompetensi Inti, Yang terdiri dari kompetensi Sikap spiritual (Kl-1), kompetensi social (Kl-2), kompetensi pengetahuan (Kl-3) dan kompetensi keteram lan (Kl-4) | |
03.02.02 | Mata Pelajaran | 1. Daftar mata pelajaran Umum A. mata pelajaran Urnum B, mata pelajaran Peminatan Akademik dan mata pelajaran Pilihan (lintas minat dan/atau pendalaman minat dan/atau Informatika) | |
03.02.03 | Mata Pelajaran Pilihan | 2. Ada penjelasan mata pelajaran Umum A, mata pelajaran IJmum B, mata pelajaran Peminatan Akademik dan mata pelajaran Pilihan (lintas minat dan/atau pendalaman minat dan/atau Informatika | |
03.02.04 | Struktur Kurikulum | Struktur kurikulum dan disusun berdasarkan kurikulum nasional dan muatan lokal | |
| | Pengaturan alokasi waktu | |
03.03 | PENELUSURAN MINAT PESERTA DIDIK | | |
03.03.01 | Penelusuran Bakat dan Minat siswa oleh guru BK melaui kegiatan ekstrakurikuler | | |
03.04 | MUATAN KURIKULUM | | |
03.04.01 | Tingkat Kompetensi dan Ruang Lingkup | Berisi tentang Tingkat Kompetensi dan Ruang | |
03.04.02 | Muatan Nasional | Berisi tentang muatan nasional yang berupa struktur kurikulum dan disusun berdasarkan kurikulum nasional | |
03.04.03 | Muatan Lokal | | |
| a. Jenis dan Strategi Pelaksanaan Muatan Lokal | Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan kebijakan daerah. | |
| | Jenis dan strategi pelaksanaan muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan karakteristik sekolah. | |
| b. Daftar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Muatan Lokal | Daftar KI/KD Muatan lokal yang dikembangkan Oleh sekolah/daerah baik yang berdiri sendiri sebagai mata pelajaran atau yang terintegrasi ke mata la ran lain. | |
03.05 | PENGATURAN BEBAN BELAJAR | | |
| | Uraian tentang sistem pelaksanaan pernbelajaran melalui system paket, atau SKS | |
| | Uraian tentang pengaturan alokasi waktu pembelajaran per jam tatap muka, jumlah jam pelajaran per minggu, jumlah minggu efektif per tahun pelajaran, jumlah jam pelajaran per tahm | |
| | Uraian tentang pemanfaatan dari jumlah waktu kegiatan tatap muka pada mata pelajaran tertentu, untuk penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KM | |
| | Uraian tentang beban belajar tambahan (jika ada) | |
| | Uraian tentang pelaksanaan program SKS bagi siswa yang memiliki patensi kecerdasan dan bakat istimewa (bila ada). | |
| | Jumlah sks per semester, per tahun, atau seluruh sks sampai selesai SMP | |
| | Uraian pelaksanaan tentang pelaksanaan SKS | |
03.06 | PANDUAN AKADEMIK | | |
03.06.01 | Pelaksanaan Program pembelajaran saintifik | Pada masa pandemi Covid-19 sekoloh bisa menyesuaikan kondisi daerah masing-masing, Sesuai dengan Permendikbud no 22 Tahun 2016, Surat Edaran Mendikbud no 14 tahun 2019, Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudavaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia NO. Ol/KB/2020, NO. 516 Tahun 2020. NO. HK,0301/Menkes/363/2020, No. 440-482 tahun 2020 | |
03.06.02 | Program Tahunan dan Program Semester | | |
03.06.03 | Pengembangan Silabus | | |
03.06.04 | Perencanaan Pembelajaran | | |
03.06.05 | Pelaksanaan Pembelajaran | | |
03.06.06 | Penilaian Autentik | | |
| a. Prinsip Penilaian Hasil Belajar | | |
| b. Tujuan Penilaian | | |
| c. Ruang Lingkup Penilaian | | |
| d. Nilai Ketuntasan | | |
| e. Teknik dan Instrumen Penilaian Hasil Belajar | Uraian tentang pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa (penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir Semester dan penilaian akhir tahun), sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Standar Penilaian Pendidikan | |
| g. Mekanisme dan prosedur pelaporan hasil belajar peserta didik. | Uraian tentang mekanisme dan prosedur pelaporan hasil belajar peserta didik. | |
| h. Pelaksanaan program remedial dan pen vaan. | Uraian tentang pelaksanaan program remedial dan pengayaan. | |
03.07 | KENAIKAN KELAS | | |
03.07.01 | Syarat dan Kriteria kenaikan kelas | Uraian Syarat dan Kriteria kenaikan kelas Yang mengacu pada ketentuan penilaian a berlaku | |
| | Uraian Ketentuan bagi peserta didik yang tidak berhasil naik kelas dua kali | |
03.08 | KELULUSAN | | |
03.08.01 | Kriteria kelulusan | Kriteria kelulusan berdasarkan pada ketentuan Peraturan Perundang-undangan Yang berlaku | |
03.08.02 | Pelaksanaan ujian sekolah. | Uraian tentang pelaksanaan ujian ujian sekolah. | |
03.08.03 | Target kelulusan | Uraian Target kelulusan yang akan dicapai oleh sekolah. | |
03.08.04 | Program sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan. | Uraian tentang program sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan. | |
03.08.05 | Program paska Ujian Sekolah dan kelulusan | Uraian tentang program paska ujian sekolah sebagai antisipasi bagi peserta didik Yang akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi | |
03.09 | MUTASI PESERTA DIDIK | | |
03.09.01 | Mekanisme prosedur mutasi | Uraian atau ketentuan yang mengatur mekanisme, prosedur mutasi masuk dan/atau keluar ba serta didik | |
| | | |
| | | |
03.10 | PENUMBUHAN KARAKTER | | |
03.10.01 | Nilai Utama dalam penumbuhan Karakter | | |
03.10.02 | Prinsip Penumbuhan Karakter | | |
03.10.03 | Strategi Implementasi dan Penilaian Penumbuhan Karakter | | |
03.11 | PENGEMBANGAN LITERASI | | |
03.11.01 | Ketentuan umum pengembangan literasi di sekolah | | |
03.11.02 | Model program yang dikembangkan dan tahap-tahap kegiatan | | |
03.11.03 | Evaluasi program | | |
| literasi | | |
03.12 | PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN | | |
3.121 | Ketentuan umum Pengembangan kewirausahaan di sekolah | | |
03.13 | BIMBINGAN KONSELING, | | |
03.13.01 | Konsep Bimbingan | uaraian tentang Konsep Bimbingan Konseling | |
| Konseling | | |
03.13.02 | Fungsi, azas dan nsip layanan BK | uraian tentang Fungsi, azas dan prinsip layanan BK | |
03.13.03 | Komponen Program | Uraian Komponen Program BK | |
03.13.04 | Struktur Program | Uraian Struktur Program BK | |
03.13.05 | Bentuk Layanan BK dalam Kelas dan luar kelas | Uraian Bentuk Layanan BK dalam Kelas dan luar kelas | |
03.14 | EKSTRAKURIKULER | | |
03.14.01 | Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan | 1. Uraian tentang model pendidikan yang akan dilaksanakan yaitu dengan model blok, aktualisasi dan reguler | |
| | 2. Jadwal pela ksanaan, topik/materi, sistem penilaian dan mata pelajaran yang mendukung pelaksanaan pendidikan Kepramukaan | |
03.14.02 | Ekstrakurikuler | 1. Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan bakat dan minat peserta didik. | |
| | 2. Uraian tentang materi dan jadwal latihan olah bakat dan olah minat. | |
03.15 | PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP | Uraian tentang penerapan pendidikan kecakapan hidup berbasis kearifan dan keu an lokal yang berwawasan lobal | |
BAB ?v KALENDER PENDIDIKAN | | | |
04.01 | Kegiatan Akval Tahun | Terdapat kalender pendidikan sekolah yang disusun berdasarkan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi, Jawa Timur | |
| | Terdapat uraian Permulaan tahun pelajaran adalah bulan Juli setiap Tahun dan terakhir pada bulan Juni Tahun berikutnya. | |
04.02 | Pengaturan Waktu Belajar efektif | Terdapat uraian Jurnlah minggu efektif bela ar dalam satu tahun laaran | |
04.03 | Pengaturan waktu libur | Terdapat uraian Jadwal waktu libur (Jeda tengah semester, Jeda antar semester, Libur akhir tahun, Hari libur keagamaan, Hari libur umum/nasional, Hari libur khusus, K iatan khusus sekolah) | |
| Pengaturan waktu penilaian | Penjabaran Waktu Penilaian Harian, PTS, PAS, PAT, AKM tiap semester dalam waktu I tahun | |
| Tabel jadwal kegiatan sekolah | Penjabaran tentang uraian kegiatan sekolah tiap semester dalam 1 tahun | |
BAB V SUPERVISI PEMBELAJARAN | | | |
05.01 | Perencanaan Supervisi dan Pengawasan | | |
| Pelaksanaan Kegiatan | | |
| Laporan Kegiatan Supervisi | | |
BAB v? PENUTUP DAN LAMPIRAN | | Uraian tentang harapan keterlaksanaan semua ketentuan yang sudah dirancang dalan kurikulkum | |